Pertolongan pertama Pengobatan Luka Bakar yang Benar

derajat-luka-bakarAlhamdulillah hari ini Kiki mempelajari tentang luka bakar yang telah dipelajari di club PMR, biar pengetahuannya gak sia-sia kali ini kiki akan berbagi informasi tentang Luka Bakar

Sebelum kita mengetahui cara pengobatan yang benar untuk luka bakar kali ini kiki akan berbagi informasi luka bakar terlebih dahulu.Luka bakar adalah suatu cedera yang terjadi akibat paparan suhu yang tinggi sehingga bisa menyebabkan kulit atau bagian tubuh yang terkena luka melepuh. Suhu tinggi tersebut bisa disebabkan oleh Api, Beda Panas, Uap Panas, listrik, bahan-bahan yang bersifat kimiawi serta paparan sinar ultraviolet maupun ban radio aktif.

Untuk mengetahui seberapa parah keadaan luka bakar tersebut untuk mengetahui penanganan yang seseuai kita harus mengetahui jenis-jenis luka bakar yang terdapat pada kulit si penderita. Jenis-jenis luka bakar tersbut ada tiga macam yaitu luka bakar derajat satu yang hanya di permukaaan epidermis kulit, luka derajat dua yang meliputi dermis kulit serta luka derajat tiga yang meliputi lapisan dalam kulit sampai ketulang si tubuh pendertia.

Nah biasanya ni banyak masyarakat yang salah untuk memberikan pertolongan pertama bagi si penderita luka bakar. Banyak paradigma yang kurang tepat sehingga mengakibatkan penanganan luka bakar menjadikan kondisi luka si penderita menjadi tambah parah. Contohnnya ni anggapan masyarakat bahwa luka bakar akan mannjur apabila dikasih odol,mentega, oli, kopi , bahkan air es. Memang si odol bisa meredakan untuk sementara rasa nyeri bagi si penderita karena mint yang terdapat pada odol, namun efek mint  pada odol tersebut bisa hilang dan menjadi bersifat pedas. Sehingga malah membuat tubuh si penderita yang terkenna luka menjadi tambah nyeri dan menimbulkan bekas-bekas luka. Selain itu pemberian obat kimia sepeti oli tidak baik dilakukan karena obat kimia tersebut bisa bereaksi dengan luka koraban. Sehingga tujuan awalnya menolong malah bisa menjadi menyakiti korban

Untuk itu kita harus memberikan pertolongan pertama yang sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak medis. Caranya yaitu mengaliri air ke tubuh yang terkena luka bakar selama 20 menit untuk membersihkan kotoran yang menngenai tubuh si korban setelah itu memberikan alkohol dan menutup luka bakar dengan kain basah yang steril dan jangan mennggunakan kain kering karena kain kering bisa lengket diluka dan mennambah rasa perih korban dan jangan memecahkan gelembung luka bakar yang terdapat pada koraban karenna pada gelembung tersebut berisi seldarah putih yang mati dan bakteri yang jika dipecah maka akan menimbulkann bekas luka yang parah serta memperburuk luka korban.

Selain itu ada tips untuk yang terkena luka bakar , untuk meredakan nyeri luka bakar dari pada diberikan obat-obatan kimia lebih baiknya memberikan Aloe Vera atau getah pisang karena bisa mennyerap panas lebih cepat serta alami bagi tubuh sehingga tidak berefek samping bagi tubuh asalkan pemakaiannya sesuai prosedur. Dan jika telah dilakukan pertolongan pertama bawalah korban menuju rumah sakit.

Advertisements
Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: