The Legend of Ranau Lake – History Project grade 10

Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di pulau Sumatera, danau ini terletak di kecamatan Banding Agung , Oku Selatan yang berbatasan dengan Lampung Barat. Danau ini memiliki latar belakang yang menawan sekali dengan adanya Gunung Seminung yang dikelilingi dengan deretan bukit barisan. Hem , kabarnya dibalik menawannya Danau Ranau ini ,danau ini menyimpan sebuah misteri yang melatarbelakangi pembentukan Danau Ranau. Hemm, sahabat ingin tahu?….

Konon katanya ni, zaman dahulu tu di sebuah desa yang subur ditepi sebuah tepatnya tu di kawasan Banding Agung , ada suatu pohon yang penuh misteri giu namanya pohon reranau. Trus ternyata disamping dipohon tersebut terdapat pohon raksasa yang bernama pohon ara hitam. Dipohon itu banyak sekali burung-burung yang bersarang. Dan diantaranya terdapat sepasang burung yang sangat besar sekali dan mereka menjadi pimpinan untuk sekawanan burung-burung lainnya.

Mata pencaharian penduduk disana adalah mencari ikan, bercocok tanam, berladang dan menggarap tanah. Karena itulah desa tersebut menjadi makmur dan menyebabkan banyak penduduk dari desa lain bermukim di daerah itu. Seiring berjalannya waktu karena banyak lahan yang dibuka, hingga puncak bukit lereng danpohon- pohon banyak ditebangi hal ini menyebabkan burun-burung mengeluh karena habitat mereka berkurang dan kesulitan untuk mencari makan. Bahkan banyak burung- burung yang dibunuh dan dijual serta sarang burung tersebut ddijadikan sebagai mainan anak setempat.

Mengetahui keadaan tersebut burung besar sebagai pemimpin kelompok menjadi marah besar. Mereka mulai menyerangi orang- orang yang lewat dan berada didekat sarangnya. Kedua burung tersebut memberikan protes besar terhadap penduduk setempat atas gangguan terhadap lingkungannya.

Ternyata pertempurannya malah makin panas guys, karena mengetahui burung besar membrontak , masyarakat sekitar pun tak mau kalah, mereka mengusir burung-burung tersebut dengan semena-mena dengan mencoba menebang pohon aram hitam (sok kuat… kidding ). Namun tak disangka eh ternyata usaha mereka sia-sia. Meskipun berkali-kalimencoba menebangnya mereka tetap tidak bisa menumbangkannya. Si burung tersebut tidak tinggal diam lo, mengetahui rumahnya diganggu akhirnya burung-burung tersebut tambah membrontak penduduk sekita. Haduh capek de… 😛

Ketika merka kebingungan bagaimana si menaklukkan burung-burung dan pohon sakti ara hitam tersebut, muncullah ide seorang warga untuk mengadukan hal ini kepada tetua adat setempat agar bisa membantu mereka mengusir burung raksasa tersebut. Akhirnya mereka memutuskan untuk pergi kerumah pemuka adat tersebut. Setelah berbincang- bincang dengan tetua adat, tetua adat akhirnya memohon petunjuk dan kekuatan untuk bisa mengusir burung tersebut dengan benda pusakanya.

Setelah beberapa hari kemudian, tetua adat mengumpulkan semua penduduk lelaki untuk beramai-ramai pergi ke tepi raw beberapa saat kemudian muncullahburung ganas tersebut datang menyerang, sang tetua adat sudah siap kesaktiannya dan siap bertempur dengan burung tersebut. Go fight… !

Hingga akhirnya tetua adat tersebut bisa mengusir kedua burung raksasa  tersebut beserta anak buahnya. Dan saat itu , tetua adat pun langsung memerintahkan para warga untuk menebang pohon aram hitam yang menjadi tempat burung raksasa tersebut.

Huft.. tapi lagi- lagi pohon ara itu tak bisa ditebang juga, melihat hal tersebut tetua adat hanya menggeleng kepala  saja. Sambil bermeditasi sejenak diregangkannyalah kakinya keatas dan kapak yang dipegangnya diangkat lalu ditancapkannya dipohon tersebut. Setelah itu semua penduduk beramai-ramai menebangi pohon tersebut sampai akhirnya tumbang tu pohon. Huft.. lega. J

Setelah tumbangnya pohon tersebut muncullah mata air, makin lama airnya makin banyak dan menggenangi rawa. Dan konon katanya ni, tak lama kemudian terbentuklah sebuah danau yang besar dan idah atas kesebpakatan warga danau tersebut dinamai dengan nama Danau Ranau.

Hem, sebenarnya ni kalo secara logika atau secara teoretrikal, Danau Ranau tu terbentuk gempa besar dan letusan besar vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Namun, cerita diataskan hanya mitos belakang jadi sobat gak perlu ambil pusing mana yang bener de, ok take it easy.yang terpenting, Danau Ranau sampai sekarang ni, Danau Ranau menjadi andalan wisata bagi masyarakat OKU Selatan yang terkenal keindahan dan menawan, setiap tahun baru selalu diadakan festival Danau Ranau untuk meningkatkan tourist di Kabupaten ini.

created by : KIKI OKTARIANI 🙂

Advertisements
Categories: Uncategorized | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “The Legend of Ranau Lake – History Project grade 10

  1. maba

    dan keenam diIndonesia…

  2. keren, tanggal 15 september kemarin sy berkunjung kesana =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: